A. Jenis-jenis
buku Agenda
Nama
Buku Agenda
|
Jumlah
Buku
|
Cara
Pencatatan
|
Buku
Agenda Tunggal
|
1
|
Cara
pencatatannya surat masuk dan surat keluar menjadi satu secara kronologis/urut
|
Buku
Agenda Berpasangan
|
1
|
Cara
pencatatannya surat masuk dihalaman sebelah kiri, dan surat keluar dihalaman
sebelah kanan
|
Buku
Agenda Kembar
|
2
|
Cara
pencatatannya surat masuk di buku agenda surat masuk, dan surat keluar dibuku
agenda surat keluar
|
B. Jenis-jenis
Buku Ekspedisi
§ Buku
Ekspedisi Intern adalah buku yang digunakan untuk mencatat penyampaian/pengiriman/distribusi
surat yang disampaikan kepada pihak didalam perusahaan/organisasi
§ Buku
Ekspedisi Ekstern adalah buku yang dipergunakan untuk penyampaian/pengiriman/distribusi
surat kepada pihak di luar perusahaan
1. Baki surat( tray )
Alat ini berguna sebagai tempat
dari berkas yang ada, selain itu dapat berguna untuk berbagai jenis berkas menurut
keperluannya.
2. Buku agenda suratmasukdansuratkeluar
Buku agenda ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan
sistem buku agenda.
3. Kartu kendali, lembar pengantar surat masuk, lembar pengantar
surat rahasia
Peralatan ini harus disediakan jika pengurusan surat menggunakan
sistem kartu kendali. Peralatan ini digunakan untuk mencatat data surat masuk dan
surat keluar.
4. Secretaries Desk file
Kumpulan map dengan kode, jenis klasifikasi pekerjaan sesuai
dengan kelompok berkas yang ditangani.
5. Alat Tulis
Contoh alat tulis antara lain, pulpen, pensil, penggaris,
kertas, catatan, stapler, dan penjepit kertas.
6.
Kertas dan Amplop
Kertas dengan kop surat atau kertas polos dan amplop berbagai
ukuran.
7. Alat Pembuka Surat
Depat berupa alat manual seperti pisau, gunting atau yang
elektrik dengan mesin pemuka surat.
8. Stempel
Stempel tanggal terima dan stempel perusahaan.
9. Formulir tanda terima atau buku ekspedisi
Formulir tanda terima digunakan pada pola disentralisasi dan
buku ekspedisi digunakan pada pola sentralisasi.
10. Lembar Disposisi
Lembar isi ini untuk mencatat instruksi
dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima dari
pihak lain. Lembar ini digunakan pada pola sentralisasi. Pada pola disentralisasi,
disposisi langsung pada suratnya.
Dibuat oleh Rianti Pratiwi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar